Selasa, 21 April 2015

Contoh modif huruf


Badanku terasa tidak enak

GT: My body is not delicious (kesalahan makna/semantik meskipun struktur bahasa benar)

Penggunaan media visual memotivasi saya pribadi dalam pembelajaran. Penggunaan media visual memberikan nilai positif terhadap siswa, meningkatkan moral dan kepercayaan dalam belajar. Jika siswa dapat menerima informasi dengan jelas dapat maka mencapai hasil belajar yang lebih tinggi. Jika siswa dapat mengambil manfaat dari penggunaan media visual dalam belajar mereka, hasil akhir akan memuaskan.

GT: The use of audio visual media to motivate myself in learning. The use of audio visual media to give positive values on students, raises morale and confidence in learning. If the student can receive information clearly can achieve high learning outcomes. If the student can take advantage of the use of audio visual media in the study achieved the feat that would be satisfactory.

Perhatikan beberapa kesalahan akibat Google Translate:

The use of audio visual media to motivate myself in learning ini adalah kalimat tanpa subjek. Syarat kalimat adalah harus ada subjek dan kata kerja atau subjek dan kata kerja dan pelengkap. Seharusnya The use of audio visual media motivates me in the learning process. Subjeknya The use of audio visual media dan kata kerjanya motivates. Sisanya adalah pelengkap “ me in the learning process”.

Kalimat kedua juga bukan kalimat dengan alasan yang sama tanpa subjek…” The use of audio visual media to give positive values on students, raises morale and confidence in learning “. Kesalahan pertama pada to give tetapi kemudian raises -nya benar. Seharusnya diperbaiki menjadi “The use of audio visual media gives positive effects on students’ learning, raises their morale and confidence.”. Kalimat ini adalah simple present dengan subjek The use of audio visual media dan kata kerjanya gives, dan raises, sisanya adalah pelengkap.

Kalimat selanjutnya lebih parah lagi “If the student can receive information clearly can achieve high learning outcomes” kalimat pengandaian dimana independent clause nya tanpa subjek “can achieve high learning outcomes”. Ditambah studentnya dalam bentuk tunggal atau dengan kata lain hanya satu siswa bukan beberapa siswa (students). Sistem bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sangat berbeda, belum lagi kalau dilihat aspek semantis dan morfologinya.

Kesimpulan dan saran

Lebih baik menggunakan tipe kalimat sederhana (simple sentence) pola:

Subjek + kata kerja, atau subjek + kata kerja + pelengkap

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi mahasiswa atau siapapun yang memerlukan.

0 komentar:

Posting Komentar